Rabu, 28 Maret 2012

TIPOLOGI MANUSIA MENURUT CLADIUS GALLENUS

Tipologi Manusia adalah pengetahuan bertujuan untuk menggolong-golongkan manusia atas dasar kepribadian. Banyak cara untuk membedakan kepribadian seseorang, salah satunya menggunakan prinsip Claudius Gallenus.
Berikut adalah tipologi manusia menurut Claudius Gallenus:
1.  SANGUINIKUS ( Orang yang mempunyai banyak darah / sangai dalam tubuhnya)
Perasaan Dasar : Riang, Optimis, mudah menyesuaikan diri, perasaan tidak setabil, kurang konsekuen, dan reaksinya tidak di pikir dalam-dalam.

2.  MELANKHORIKUS  ( Memiliki banyak empedu hitam / melanchole )
Perasaan Dasar : Sedih, ketakutan, hati – hati dalam tindakan, konsekuen, dan stabil jiwanya.

3. KHOLERIKUS : ( Dalam tubuhnya terdapat banyak empedu kuning – kuning )
Perasaan Dasar : Kurang puas, gelisah, emosional, exspolosi, perasaanya hebat dan kuat kesukaran di atasi dengan energi yang brlebihan.

4. FLEGMATIKUS : ( Di dalam tubuhnya banyak lendir / flegma )
Perasaan Dasar : Tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.
Dari penjabaran di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa saya lebih condong dengan tipe SANGAUINIKUS. Saya selalu merasa senang dan enjoy pada setiap kegiatan yang saya lakukan dengan di dorong rasa optimis dan percaya diri. Karena perasaan optimis yang tinggi inilah yang akan membuat mood saya sering berubah, terlebih lagi jika harapan saya tersebut tidak tercapai. Saya juga suka terlalu cepat untuk memutuskan suatu hal, dan mengakibatkan keputusan saya ini, saya di anggap kurang konsekuen akan itu.saya merasa bahwa kepribadian saya termasuk ke dalam tipe flegmatikus karena banyak orang yang menilai saya sebagai sosok yang pendiam, pasif, netral, dsb. Selain tidak mudah dan tidak peka dengan lingkungan baru, saya juga mempunyai sifat yang sangat memiliki harapan dan keinginan-keinginan yang tinggi sehingga apa yang saya inginkan pasti akan saya usahakan untuk mencapainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar